205 SIDAK TIM SURVAILLANCE APM BADILAG KE PA MENTOK

Arsip Berita

Sidak Tim Survaillance APM Badilag Ke PA. Mentok

pa-mentok.go.id | Pada hari Senin, 1 Juli 2019, sekitar pukul 15.00 WIB, sore itu PA. Mentok kedatangan tim Surveillance Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) Badilag MA RI, kedatangan tim ini tidak disadari oleh para pegawai, karena ada menyamar menjadi mahasiswa yang mau minta data perceraian dan ada yang mengaku dari pegawai kecamatan, mereka ikut mengantri diantrian ruang PTSP PA. Mentok, sembari mengantri mereka mengamati para petugas PTSP memberikan pelayanan kepada masyarakat lainnya.  Tidak hanya ruangan pelayanan yang di kunjungi, sebagian tim assesor berkeliling diluar gedung sambil menfoto-foto.

Kehadiran tim baru diketahui ketika petugas PTSP melapor kepada Bapak Tibyani, S.Ag., M.H., Ketua PA. Mentok bahwasannya ada mahasiswa yang minta data perceraian namun tidak membawa surat permohonan dari kampusnya. Mendengar laporan dari petugas PTSP tersebut, Bapak ketua langsung curiga, jangan-jangan ini tim assessor yang menyamar. Pak ketua pun langsung turun untuk memastikan. Setelah bertemu dengan Ketua, tim assessor langsung membuka penyamarannya sendiri.

Kedatangan Tim Surveillance APM Badilag yang dipimpin oleh Sutarno, S.I.P., M.M. sebagai lead assesor, Fathul Ma’arif, S.H., M.H. dan Fatin Fiqruna, S.H., sebagai pendamping assessor. Selanjutnya tim disambut ketua di ruangannya. Setelah sambutan tersebut acara dilanjutkan opening meeting APM di ruang sidang PA. Mentok.

Dalam acara opening meeting tersebut Ketua PA. Mentok, Tibyani, S.Ag.,M.H. menyampaikan sambutannya dan berterimakasih kepada Tim Survaillance Badilag yang telah berkunjung ke PA. Mentok guna melakukan asessmen APM yang tentunya PA. Mentok sangat memerlukan penilaian terhadap kesesuaian dengan standar APM untuk memaksimalkan pelayanan terhadap para pencari keadilan di Pengadilan Agama Mentok.

Pada hari kedua proses audit yang dilaksanakan oleh Tim  Survaillance APM Badilag MA RI di dilakukan dengan wawancara dan pemeriksaan berkas. Selain itu setiap ruangan dikunjungi dan difoto oleh tim sebagai bahan penilaian mereka.

Setelah bekerja secara marathon, akhirnya tim surveillance memperoleh rangkuman hasil audit yang diungkapkan oleh lead assesor SAPM Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI pada Closing Meeting pada hari Selasa, 2 Juli 2019. Dalam closingnya, Sutarno mengatakan agar pelayanan kepada masyarakat benar-benar dilaksanakan sesuai dengan SOP yang ada di APM.

Acara closing meeting ditutup dengan penandatangan hasil temuan. Tim Akreditasi Penjaminan Mutu PA. Mentok akan berjuang lebih keras lagi untuk memperbaiki dan melengkapi kekurangan yang ada dan temuan ketidaksesuaian di PA. Mentok akan diselesaikan guna memperoleh penilaian A (excellent). Setelah selesai closing meeting, pimpinan beserta seluruh Aparat Pengadilan Agama Mentok berfoto bersama dengan Tim Asessor Surveillance APM Badilag MA RI. (***)