224 URUTAN KE 95 RAPOR KINERJA SIPP BADILAG MA RI

Arsip Berita

Urutan ke -95 Rapor Kinerja SIPP Badilag MA RI

 

Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI kembali merilis hasil kinerja SIPP Pengadilan Agama di seluruh Indonesia per tanggal 23 Agustus 2019. Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama bahwa aplikasi SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara) merupakan aplikasi administrasi dan penyedia informasi perkara baik untuk internal pengadilan maupun untuk pihak ekstrnal pengadilan. Aplikasi ini merupakan salah satu ujung tombak kinerja badan peradilan dalam hal penanganan perkara. Para pihak pencari keadilan bisa mendapatkan akses dari jadwal sidang perkara hingga hasil putusan sidang tersedia dalam aplikasi ini.

Hasil rilis Badan Peradilan Agama yang secara periodik terus memantau kinerja badan peradilan di bawahnya telah mengeluarkan rapor untuk Pengadilan Agama di seluruh Indonesia. Rilis tersebut dibagi dalam 5 kategori jumlah penanganan perkara, dari jumlah perkara 1-250 perkara masuk kategori V, 251-1000 perkara kategori IV, 1001-2500 terkategori III, 2501-5000 masuk kategori II, hingga jumlah perkara yang lebih tinggi yaitu diatas 5000 perkara dalam kategori I. Point penilaiaan rapor tersebut bisa dilihat dari check list seperti beban perkara, jumlah putusan, minutasi, upload putusan, persentase waktu putus, waktu minutasi sampai nilai akhir yang diperoleh setiap satuan kerja pengadilan agama.

Pengadilan Agama Mentok yang merupakan salah satu dari 4 pengadilan dibawah Pengadilan Tinggi Agama Kepulauan Bangka Belitung masuk dalam kategori jumlah perkara 251-1000 perkara (kategori IV). Hal yang sama juga terjadi untuk pengadilan agama lainnya di wilayah Bangka Belitung seperti Pengadilan Agama Pangkalpinang, Pengadilan Agama Sungailiat, Pengadilan Agama Tanjungpandan dari total jumlah 182 Pengadilan Agama yang masuk dalam kategori IV.

Pengadilan Agama Mentok berdasarkan hasil rilis yang telah dikeluarkan Badan Peradilan Agama masuk dalam urutan ke-95, hasil yang dirasa masih jauh dari apa yang mestinya kami harapkan. Tentu Kami patut bersyukur atas usaha dan kerja keras Pengadilan Agama Mentok, walaupun terhitung masih sangat muda berdiri yang memasuki milad ke-8 tahun pada bulan Desember 2019 nanti. Pengadilan Agama Mentok masih lebih beruntung diantara 4 peradilan Agama dibawah Pengadilan Tinggi Agama Kepulauan Bangka Belitung dalam hal prestasi rapor SIPP Badilag, dimana pengadilan agama yang lain seperti Pengadilan Agama Pangkalpinang masuk urutan ke-152, Pengadilan Agama Tanjungpandan urutan ke-157 dan Pengadilan Agama Sungailiat yang berada di posisi urutan ke 172 dari total 182 pengadilan pada kategori IV jumlah perkara.

Diharapkan dengan ini, seluruh badan peradilan khususnya peradilan agama dapat meningkatkan kinerja dan prestasinya termasuk dalam hal teknologi informasi yang dalam hal ini sejalan dengan slogan HUT ke-74 Mahkamah Agung RI tanggal 19 Agustus 2019 yang lalu yaitu “Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi untuk Melayani”. Dengan usaha dan kerjakeras dari seluruh komponen kita berharap dihari yang akan datang Mahkamah Agung lebih “JAYA”, Badilag lebih “UNGGUL”, Pengadilan Agama Mentok lebih “BERASE” (Bersahabat, Efisien, Responsif, Amanah, Sopan, Elegan), Aamiin Yaa Robbal’alamin. (J_3AJ)