Seputar Peradilan

PA MENTOK SIAP CANANGKAN ZI MENUJU WBK/WBBM

www.pa.mentok.go.id | Untuk merespon tuntutan reformasi birokrasi serta untuk percepatan pencapaian visi-misi, PA Mentok telah memantapkan langkah untuk mencanangkan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Target pencanangan itu dilakukan paling lambat pertengahan Maret tahun 2019 ini.

Upaya kongkrit yang telah ditempuh PA Mentok menuju pencangan tersebut adalah:

1. Penyusunan Tim Kerja

Pada tanggal 28 Januari 2019 seluruh aparatur PA Mentok melakukan rapat untuk menyusun Tim Kerja Zona Integritas. Seleksi Tim Kerja tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan integritas, kompetensi, dedikasi, dan rekam jejak. Rapat tersebut menghasilkan keputusan bahwa terdapat 20 nama-nama aparatur PA Mentok yang ditetapkan sebagai Tim Kerja Zona Integritas.

2. Pengesahan Tim Kerja

Selang sehari setelah terbentuknya Tim Kerja, pada tanggal 29 Januari 2019, terbitlah Surat Keputusan Tim Kerja Zona Integritas PA Mentok Nomor: W28-A4/112/KP.04.6/I/2019. Pada hari itu jugalah Tim Kerja tersebut disahkan dalam sebuah rapat pengesahan Tim Kerja.

3. Pembuatan Rencana Kerja dan Rencana Kerja Prioritas

Usai rapat pengesahan, di sore harinya Tim Kerja Zona Integritas langsung tancap gas untuk melakukan rapat penyusunan Rencana Kerja dan Rencana Kerja Prioritas. Rencana ini disusun oleh setiap bidang Zona Integritas (Manajemen Perubahan, Penataan Tata Laksana, Sistem Manajemen SDM, Penataan Akuntabilitas, Penguatan Pengawasan, dan Peningkatan Pelayanan Publik).

4. Sosialisasi Kesiapan Pencanangan

Sosialisasi pelaksanaan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) PA Mentok ditujukan kepada: 1) seluruh aparatur PA Mentok dan 2) masyarakat luas. Sosialisasi terhadap aparatur dilakukan melalui rapat sosialisasi dan apel rutin. Sedangkan sosialisasi terhadap masyarakat umum dilakukan melalui website resmi PA Mentok dan media massa.

Itulah tahapan yang telah ditempuh PA Mentok untuk menyongsong pencanangan Zona Integritas. Masih banyak tahapan lain yang harus ditempuh PA Mentok untuk mencanangkan Zona Integritas ini. Deklarasi pencanangan direncanakan akan digelar pada awal Maret 2019 dengan mengundang Instansi, Kementerian/Lembaga, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, tokoh masyarakat, dan tokoh agama. Semoga lancar dan tidak ada halangan berarti.#A6