Seputar Peradilan

 

PENGADILAN AGAMA MENTOK CANANGKAN ZONA INTEGRITAS

 

Senin, 04 Maret 2019, merupakan hari yang bersejarah bagi perjalanan reformasi birokrasi Pengadilan Agama Mentok. Hari itu Pengadilan Agama Mentok menyelenggarakan Deklarasi Pencanangan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Deklarasi pencanangan tersebut merupakan satu dari serangkaian kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan Pengadilan Agama Mentok dalam membangun Zona Integritas menuju WBK dan WBBM.

Acara tersebut digelar pada pukul 09.30 WIB s.d. pukul 10.35 Wib, di Kantor Pengadilan Agama Mentok. Tepatnya di halaman depan gedung pengadilan. Dengan menggunakan tenda. Mengingat ruang sidang utama tidak dapat menampung kapasitas seluruh tamu undangan.

Oleh karena deklarasi pencanangan tersebut bertujuan untuk publikasi dan permohonan dukungan atas pembangunan Zona Integritas, maka Pengadilan Agama Mentok mengundang hampir seluruh instansi pemerintahan dan perwakilan elemen masyarakat. Daftar undangannya antara lain: unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Bangka Barat, Sekretaris Daerah, Asisten Bupati, Pimpinan dan Hakim Tinggi pada PTA Kepulauan Bangka Belitung, pimpinan Pengadilan Agama sewilayah PTA Kep. Bangka Belitung, seluruh Kepala Dinas, seluruh pimpinan lembaga vertikal, tokoh masyarakat, tokoh agama, Camat, Kepala KUA, Kepala Desa, Lurah, Pimpinan BUMN, Pimpinan BUMD, Pimpinan Bank dan lain-lain.

Rangkaian acara dalam deklarasi tersebut adalah sebagai berikut: Pembukaan 1) Pembacaan ayat suci al-Qur'an, 2) Lagu Indonesia Raya, 3) Sambutan Ketua Pengadilan Agama Mentok, 4) Sambutan Bupati Bangka Barat, 5) Sambutan Ketua PTA Kepulauan Bangka Belitung, 6) Ikrar Integritas, 7) Penandatanganan Piagam Zona Integritas oleh Ketua Pengadilan Agama Mentok dan disaksikan unsur Forkompimda, dan 8) do'a penutup.

Ketua PA Mentok, Tibyani, S.Ag., M.H., dalam sambutannya memohon kepada seluruh instansi pemerintah dan lapisan masyarakat untuk mendukung Pengadilan Pengadilan Agama Mentok dalam rangka membangun zona integritas.

Selanjutnya, Plt. Bupati Bangka Barat dan Ketua PTA Bangka Belitung, dalam sambutannya, menyatakan dukungan penuh kepada Pengadilan Agama Mentok untuk mencanangkan zona integritas. Karena Zona Integritas adalah keniscayaan dalam dalam reformasi birokrasi.

Deklarasi ini diharapkan mampu menjadi washilah yang baik bagi Pengadilan Agama Mentok untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. Sehingga cita reformasi birokrasi serta visi dan misi institusi dapat segera tergapai. Semoga. A6.