SEJARAH PENGADILAN

Sejarah Pengadilan

PROFIL SEJARAH PENGADILAN AGAMA MENTOK

            Pengadilan Agama Mentok merupakan salah satu dari lembaga Peradilan yang ada di Indonesia. Keberadaannya terletak dikota Muntok Kabupaten Bangka Barat Propinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan mempunyai latarbelakang; pertama dari sisi kehidupan masyarakatnya pada umumnya masyarakat yang agamis, meskipun demikian dari kehidupan sehari-hari tidak terlepas diantara mereka selalu terjadi konplek rumah tangga maupun dalam masyarakat yang mau tidak mau harus diselesaikan, baik dari sengketa rumah tangga, harta bersama, kewarisan dan masalah-masalah lain yang ada kaitannya dengan kewenangan Pengadilan Agama. Kedua sebelum berdirinya Pengadilan Agama Mentok, masyarakat kabupaten Bangka Barat (Mentok) atau para pencari keadilan dalam menyelesaikan masalah mereka mengajukan perkaranya ke Pengadilan Agama Sungailiat, karena Pengadilan Agama Sungailiat membawahi empat wilayah kabupaten Kabupaten Bangka sebagai induk, Kabupaten Bangka Selatan, kabupaten Bangka Tengah dan Kabupaten Bangka Barat dengan ibukotanya Muntok, sedangkan jarak tempuh dari kota Muntok ke Sungailiat  memakan waktu perjalanan lebih kurang tiga jam atau lebih kurang 135 Km.

            Seiring dengan kondisi demikian banyaknya animo masyarakat yang ingin berperkara,  dan dengan memperhatikan volume perkara yang masuk di Pengadilan Agama Sungailiat pada tahun-tahun sebelumnya, ternyata dari persentase perkara tersebut, dari masyarakat Kabupaten Bangka Barat termasuk urutan tinggi dari jumlah perkara yang ada di Pengadilan Agama Sungailiat. Maka Pengadilan Tinggi Agama Kepulauan Bangka Belitung membuat kebijakkan mau menambah dan mengusulkan beberapa Pengadilan Agama untuk wilayah Kabupaten Bangka Tengah, Bangka selatan dan Bangka Barat ke Mahkamah Agung RI. Dan dari tiga Pengadilan Agama yang diusulkan ternyata Pengadilan Agama Mentok yang dapat terealisasi dan dibentuk sesuai dengan Keputusan Presiden RI Nomor 03 tahun 2011.

            Pengadilan Agama Mentok berdiri dan dilaksanakan dengan berkantor di  gedung bekas SD 093 jalan Tanjung Kalian Mentok. Gedung tersebut terdiri tiga ruangan yang diserahkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Barat Ke Pengadilan Agama Mentok sebagai pinjam pakai. Pengadilan Agama Mentok termasuk salah satu dari 16 Pengadilan Agama dan 6 Pengadilan umum  lainnya di Indonesia yang telah diresmikan secara kolektif oleh Ketua Mahkamah Agung RI. (Dr. H. Harifin A. Tumpa, SH.MH.)  pada tanggal 16 Nopember 2011 di Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat Propinsi Nusa Tenggara Timur, dan secara resmi baru mulai beroperasi pada tanggal 01 Desember 2011.

            Sebelum diresmikan operasional Pengadilan Agama Mentok, pada tanggal 28 Nopember 2011 Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kepulauan Bangka Belitung (Drs. H. Dja`far Abd. Muchith, SH.MHI) telah melaksanakan acara penyumpahan serta pelantikan Ketua Pengadilan Agama Mentok yang bernama Drs. Asmuni,MH. sebagai Ketua Pertama berdiri Pengadilan Agama Mentok bertempat di Kantor Pengadilan Tinggi Agama Kepulauan Bangka Belitung di Pangkal Pinang. Setelah penyumpahan dan dilantiknya Ketua Pengadilan Agama Mentok disusul pula dengan penyumpahan dan pelantikan Panitera Sekretaris yang bernama Dra. Yuhartini, SH dan wakil Panitera yang bernama Daeng Sigolo oleh Ketua Pengadilan Agama Mentok sebagai Panitera Sekretaris dan wakil panitera pertama pada Pengadilan Agama Mentok, kemudian diikuti dengan penyumpahan pelantikan 3 orang Hakim dan kemudian disusul dengan pelantikan Wakil Ketua yang bernama Drs. Kiagus Ishak ZA serta pejabat-pejabat yang baru lainnya, sehingga beroperasinya Pengadilan Agama Mentok.

            Beroperasinya Pengadilan Agama Mentok diawali dengan diadakan sosialisasi terlebih dahulu kepada masyarakat melalui pejabat-pejabat pemerintah daerah, Dharma wanita, tokoh masyarakat dan masyarakat lainnya yang diadakan diaula kantor Bupati Bangka Barat. Pelaksanaan sosialisasi operasional pengadilan Agama Mentok diadakan oleh jajaran Pengadilan Tinggi Agama Kepulauan Bangka Belitung bekerja sama dengan Pemerintah daerah Bangka Barat dan Pengadilan Agama Mentok secara antusias disambut positif oleh masyarakat Kabupaten Bangka Barat, karena keberadaan Pengadilan Agama di Mentok sudah lama ditunggu-tunggu oleh masyarakat Kabupaten Bangka Barat.

            Pengadilan Agama Mentok mempunyai tugas dan fungsi sama seperti Pengadilan Agama lainnya, yaitu melaksanakan kekuasaan kehakiman sebagai pilar utama dalam menegakkan keadilan bagi masyarakat, namun dari segi yurisdiksi Pengadilan Agama Mentok hanya  mewilayahi untuk masyarakat Kabupaten Bangka Barat. Kabupaten Bangka Barat merupakan salah satu wilayah hasil pemekaran dari Kabupaten Bangka pada tahun 2003, wilayah tersebut terdiri  6 Kecamatan  yang terdiri dari 65 Desa dan 4 Kelurahan.

Beroperasinya Pengadilan Agama Mentok untuk pertama kali dengan personel pegawai sebanyak 15 orang dan dengan pasilitas seadanya berdasarkan dana awal dari DIPA 2011 yang berinduk kepada Pengadilan Agama Sungailiat. Setelah sejak dimulai beroperasinya Pengadilan Agama Mentok secara berangsur telah melaksanakan dan menerima perkara serta menyidangkan sampai kepada penyelesaiannya dan disamping akan senantiasa berusaha mewujudkan dan menata sarana dan prasarana selanjutnya untuk menuju peradilan yang bermartabat dan berwibawa.

            Pengadilan Agama Mentok adalah sebagai kawal utama  melayani masyarakat dalam menyelesaikan masalah-masalah yang berkeadilan, khususnya bagi masyarakat Kebupaten Bangka Barat. Untuk itu Pengadilan Agama Mentok selalu siap dalam mengembankan tugasnya dengan memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat sesuai dengan Visi dan misi Pengadilan Agama Mentok, dan dalam menjalankan tugasnya Pengadilan Agama Mentok juga senantiasa berupaya dalam menyelesaikan perkara dengan tetap berpegang pada azas sederhana, cepat dan biaya ringan;