349 PENANDATANGANAN KESEPAKATAN BERSAMA ANTARA PA MENTOK DAN DISDUKCAPIL KAB BANGKA BARAT

Arsip Berita

Penandatanganan Kesepakatan Bersama Antara PA Mentok dan Disdukcapil Kab. Bangka Barat

www.pa-mentok.go.id | Dalam rangka meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat dan memberikan kemudahan terhadap pengurusan dokumen-dokumen kependudukan, Pengadilan Agama Mentok sebagai instansi pelayanan publik melakukan kesepakatan bersama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kabupaten Bangka Barat.

Kesepakatan bersama antara PA Mentok dan Disdukcapil Kab. Bangka Barat ditandai dengan acara penandatanganan kesepakatan bersama yang dilaksanakan pada hari Kamis, 29 April 2020 bertempat di kantor Disdukcapil Kabupaten Bangka Barat. Penandatanganan dilakukan oleh Ketua Pengadilan Agama Mentok Tibyani, S.Ag., M.H. dan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bangka Barat, Muhammad Kaidi, S.E.

Dengan dilaksanakan kesepakatan bersama ini akan mempercepat pengiriman data perceraian ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bangka Barat melalui e-mail yang terintegrasi pada  inovasi layanan yang bernama Aplikasi Sikontra (Sistem Informasi Kontrol Perkara) sehingga pihak Dukcapil akan memliliki data yang akurat terhadap warga Kabuapten Bangka Barat yang sudah resmi bercerai di PA Mentok, sehingga akan meminimalisir penggunaan akta cerai palsu.

Selain itu, untuk mewujudkan kemudahan dalam penerbitan identitas hukum (legal identity) bagi pasangan yang sudah menikah secara hukum syara’ namun tidak tercatat pada Pegawai Pencatatan Nikah (PPN). Sehingga diharapkan layanan ini dapat meningkatkan pelayanan dan memberikan kemudahan bagi masyarakat pencari keadilan.

 


Bagikan ini :