383 PERNIKAHAN SIRI DAN PENIKAHAN DINI SEMAKIN MARAK DI BANGKA BARAT

Arsip Berita

Pernikahan Siri dan Penikahan Dini Semakin Marak di Bangka Barat

www.pa-mentok.go.id | Kamis, 22 November 2021. Dalam rangka membangun sinergitas dengan Pemerintahan Kabupaten Bangka Barat, Ketua Pengadilan Agama Mentok Muhamad Syarif, S.H.I., M.H., didamping oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Mentok Hermanto, S.H.I., dan Panitera Pengadilan Agama Mentok Dra. Yuhartini, S.H. serta Sekretaris Pengadilan Agama Mentok Sujoko, S.E. melakukan kegiatan koordinasi dengan Bupati Bangka Barat terkait pelaporan Data Perkara dan Hasil Capaian Kinerja Pengadilan Agama Mentok.

Ketua Pengadilan Agama Mentok melaporkan Data Perkara selama Satu Tahun di Tahun 2021 sebanyak 507perkara. Kemudian menyampaikan permasalahan-permasalahan di Bangka Barat. Pertama, tingginya angka pernikahan siri yang berjumlah kurang lebih 26 ribu yang tercatat di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan belum diselesaikan di Pengadilan Agama Mentok. Kedua, pernikahan dini di Kabupaten Bangka Barat yang semakin marak.

Adapun Program Kerja Pengadilan Agama Mentok bagi masyarakat Kabupaten Bangka Barat yaitu Posbakum (Pos Bantuan Hukum), Prodeo (Pembebasan Biaya Perkara Untuk Masyarakat Kurang Mampu), sidang diluar gedung dalam setahun ini ada 24 kegiatan yang terdiri atas dua kecamatan, yaitu di Kecamatan Jebus dan di Kecamatan Kelapa guna untuk mempermudah masyarakat.

Bupati Bangka Barat Sukirman, SH. menyambut baik Program Kerja Pengadilan Agama Mentok dan berharap agar segera direalisasikan. Terkait pernikahan siri dan pernikahan dini di Kabupaten Bangka Barat, Pemerintah Kabupaten akan mencari solusi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.


Bagikan ini :